Catatan harian yang semakin renta dan tua

Sabtu, 23 September 2017

[Book Review] Thank You By Adara Kirana

Judul Buku: Thank You
Penulis: Adara Kirana
Penerbit: Penerbit Inari
Penyunting: Yooki
Proofreader: Seplia
Desainer Sampul: bebekterbang
Layout Sampul: @fadiaaaa_
Terbit: Juni 2017
Tebal Buku: 210 hlmn ; 19 cm
ISBN: 978-602-60443-9-6
Rating: 4/5

Adelia dan teman-temannya punya sebuah permainan.
Sebuah kaleng bekas diisi berbagai tantangan.
Yang mendapatkan kertas itu harus melaksanakan tantangannya, dan diakhiri dengan ucapan "Terima Kasih".

Tantangan itu sekadar iseng, tapi saat Rafa menantang Adelia untuk curhat dan merekam perasaannya di ponsel Rafa tentang cowok yang ia taksir, Adelia kebingungan.

Yang Rafa tahu, Adelia naksir Askar.
Yang Rafa dan Adelia tahu, Askar naksir cewek lain.
Yang Rafa tidak tahu, Adelia sebenarnya naksir Rafa.

****

Buku ini adalah buku yang menceritakan tentang persahabatan Adelia, Rafa, Askar, Gilang, Hana dan juga Putri yang terjalin erat dan unik oleh sebuah kaleng bernama Thank You. Kaleng tersebut adalah kaleng biskuit biasa yang menyimpan gulungan kertas dare yang isinya harus dilakukan siapa saja yang mengambilnya. Dan, jujur saya akui ide ini amat cemerlang. Sebagaimana yang kita tahu, truth or dare adalah salah satu permainan yang hingga kini digemari oleh remaja atau bahkan orang dewasa dengan tempelan iseng-iseng doang. Tapi, kebanyakan orang yang penakut seperti saya 😹 pasti lebih memilih truth. Dare jadinya kayak formalitas aja. Makanya, di dalam kaleng ini isinya dare semua.

Kedua, penjudulan tiap babnya juga sangat saya sukai. Jadi, setiap bab seolah menceritakan bagian-bagian dalam hidup para tokoh yang paling mereka syukuri. Itu sebabnya, alur novel ini seperti sulit tertebak. Walau memang, ada beberapa bagian yang saya duga akan terjadi, tapi prosesnya itu sama sekali nggak saya kira akan begitu. Begitu gimana? Baca bukunyalah😋

Tapi, sayangnya, bab epilognya saya kurang suka. Namun, tetap harus saya akui bahwa penulis berhasil menyampaikan pesannya dengan baik; bahwa persahabatan adalah hal yang sangat berharga dan harus kita jaga. Oh iya, satu lagi. Pesan lain yang nggak kalah penting adalah tentang "Terima Kasih". Kata ini memang 'murah', mudah diumbar dan bahkan bisa kita temukan di kasir mini market. Tapi, 'harga' yang terkandung di dalamnya adalah tidak terhingga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar