Kuliah vs Kerja

Minggu, November 04, 2012

Ini adalah cerita tentang kegiatan gue selama sebulan ini atau tepatnya selama awal Oktober sampe awal November ini. Gue juga bingung sama judulnya tapi yang pasti gue pengen cerita. Tepatnya tanggal 3 Oktober 2012 gue menjelma menjadi salah satu sosok makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang super sibuk. Kenapa? Karena selama sebulan ini kegiatan gue bener-bener padet setiap harinya kecuali waktu tanggal 26 Oktober 2012 alias waktu lebaran Idul Adha. Kenapa lagi? Karena sekarang status gue udah bukan cuma anak mama dan papa dan mehasiswi semester tiga. Tapi udah ketambahan sama “karyawan”. Yap! Gue sekarang kerja. Di mana? Gue kerja di salah satu distro rangkap butik sekaligus toko aksesoris di daerah tempat gue stay saat ini.

Alasan gue kerja sih awalnya supaya gue bisa beli novel yang udah lama gue incar sejak saat novel itu belom terbit sama sekali, tanpa minta uang ato nunggu kiriman dari orang tua. Selain itu, kalo gue mau beli sesatu gue nggak usah segan2 karena kan yang gue pake uang hasil keringet gue sendiri. Nah itu alasan awalnya. Alasan lanjutannya adalah gue pengen nabung. Pengen buka buku tabungan yang uangnya hasil kerja keras gue sendiri bukan karena tunjangan dari orang tua gue. Sekalipun capek, tapi ya nggak apa-apa lah…. Mulia banget ya alasan gue. #Pamer
Awalnya mudah. Gue bisa ngatur waktu gue kuliah, kerja, ngerjain tugas, istirahat dan hal-hal lain yang penting untuk gue lakukan contohnya nyuci pakean gue. Awalnya… tapi memasuki pertengahan bulan, rasa sulit mulai mendera. Gue udah mulai susah nyari waktu untuk ngerjain tugas kuliah gue. Bahkan gue yang nggak biasanya nyalin tugas temen akhirnya kesampean juga nyalin tugas di detik-detik terakhir pengumpulan tugas itu. Gue yang walaupun tulisannya nggak sebagus tulisan dokter tapi selalu berusaha agar di setiap tugas yang dikasih sama dosen yang harus ditulis pake tangan tulisannya rapi, akhirnya nggak peduli lagi mau tuh tulisan rapi mo kayak cakar monyet kek, cakar kuda kek (emang kuda punya cakar, ya) terserah yang penting tugasnya masuk. Kemudian disusul oleh sulitnya mencuri waktu untuk istirahat tapi itu masih nggak apa-apa dan gue rasa gue masih bisa tahan.
Dan pada akhirnya memasuki akhir-akhir bulan gue udah bukan Cuma susah untuk ngatur waktu ngerjain tugas maupun istirahat gue tapi gue juga udah susah untuk ngatur waktu kuliah dan kerja gue. Saat giliran gue masuk kerja ada dosen yang menghubungi kalo beliau akan ngasih kuliah saat itu juga. Saat belom giliran gue kerja, dosen lain juga menghubungi dengan perihal yang sama sementara tugas gue numpuk belom selesai dikerjain dan ada salah satu tugas yang harus dikumpul hari itu juga. Sementara selesai gue kuliah udah nggak bisa lagi nyuri waktu untuk ngerjain tugas karena gue harus masuk kerja. Yah gue kerja emang pake system shift. Bahkan beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 1 Oktober 2012  tiga tugas harus dikumpul  di hari yang sama dan waktu yang hampir berdekatan sementara tugas pertama masih belum selesai dan tugas kedua dan ketiga belum dikerjakan sama sekali. Dan salah satunya adalah tugas untuk presentasi. Ya! Gue harus presentasi. Dan itu tugas individu. Jujur waktu  itu gue pengen banget nangis tapi mata air air mata gue lagi kering.   Saat gue lagi nggak kuliah, kerja, ngerjain tugas, ataupun hal lain dosen menghubungi kalo gue harus presentasi materi “ini” besok dan jujur materi itu belom pernah gue denger sama sekali selama 17 tahun 8 bulan gue hidup di dunia ini. Gue udah ngerasa jadi kayak robot. Dan bayangin! Kemaren dimulai dari tanggal 31 Oktober 2012 pukul 09.00 am s/d tanggal 02 November 2012 pukul 01.00 am gue Cuma tidur selama kurang lebih 3 jam. Bayangin betapa capeknya gue.
Karena itu, gue piker gue harus ngambil keputusan untuk hal ini. Gue harus milih. KERJA atau KULIAH. Dan gue udah pikirin hal itu. Gue akan dan harus milih kuliah gue. Dan gue akan berhenti kerja setelah tanggal 3 November 2012. Karena emang tujuan utama gue ke sini ke Gorontalo jauh dari orang tua emang buat kuliah dan bukannya kerja. Trus yang kedua karena emang sekolah yang tinggi kalo perlu sampe ke luar negeri adalah impian terbesar gue. Dan yang ketiga gue nggak mau ngecewain orang tua gue dan gue harus bikin bangga mereka karena gue yakin apa yang jadi impian gue juga adalah harapan dan doa terbesar mereka buat gue.
Jadi intinya hal yang mau gue bagi disini adalah tentang pilihan. Kita manusia hidup di dunia ini adalah karena pilihan kita sendiri. Dan dunia adalah tempat tinggal sementara kita yang penuh dengan pilihan2 baik itu pilihan yang mudah sampe pilihan yang paling sulit sekalipun. Karena itu kita harus memilih. Mana yang terbaik untuk kita dan harapan orang2 di sekitar kita. seandainya apa yang menjadi keinginan kita, yang kita anggap sebagai hal yang paling baik untuk kita tapi ternyata hal itu nggak sesuai dengan harapan orang2 yang kita sayangi maka menurut gue sebaiknya kita mempertimbangkan apa dampak hal tersebut untuk masa depan kita nantinya. Sekalipun masa depan adalah sesuatu yang belum pasti dan tidak bisa diprediksi tapi seenggaknya kita harus merencanakannya terlebih dahulu dan mendesainnya seindah mungkin untuk membantu kita menentukan langkah, merangkai, menapaki, dan menghadapi cerita hidup kita selanjutnya…
See u…^^

You Might Also Like

5 komentar

  1. kaweng johh..
    hehehehe...

    bertamu neeh di www.leon21.com

    BalasHapus
  2. Boleh jo, mantap katu tu karir. hebat

    BalasHapus
  3. @Onky: Masih belom kepikiran. Masih jauh lah....^^

    @Ansen: Hehehe makasih

    BalasHapus
  4. Hai sis... Saya inri. Boleh ba komen? Depe cerita bagus, orisinil. Mar mungkin lebe bagus kalu di awal paragraf baru agak masuk ke dalam. Supaya pas orang buka tu blog kong mo liat dp postingan, nda mo takage mo lia : adooo sadiki jo ini mo baca hehehe.

    Sori ne sis :)

    Jalan2 le ne di iinxnyder.blogpsot.com , blog baru le kong masih abot-abot ja ba isi wkwk

    BalasHapus
  5. @Inri hehehe... tq neh for saran,a :)
    okkokk sip...

    BalasHapus

Popular Posts

Bookshelf

Elsita's bookshelf: currently-reading

Wonder Fall
tagged: currently-reading

goodreads.com

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Diary Lusuh