Surplus Princess - Putri Duyung yang (Tak) Malang

Senin, September 05, 2016

Kamu suka dongeng? Suka membaca atau mendengarkan dongeng?

Dongeng apa saja yang kamu sukai?

Snow White and The Seven Drawfs? Cinderella? Sleeping Beauty? Beauty and The Beast? Aladdin. Pocahontas? Mulan? Tangled? Frozen? Sangkuriang? Asal Usul Danau Toba? Telaga Bidadari? 

Pernah dengar kisah The Little Mermaid?  Si Putri Duyung yang ingin menjadi manusia karena jatuh cinta pada seorang pria dan kisah pilunya yang harus berubah jadi buih putih karena sang pria tidak membalas cintanya? Surplus Princess Drama Korea yang bercerita tentang putri duyung abad 21.. Seperti kisah sang Putri yang berusaha agar bisa menjadi manusia, Aileen pun demikian. Seperti si Putri yang merahasiakan identitas ikannya, Aileen pun demikian. Surplus Princess menceritakan usaha Aileen untuk menjadi manusia dan pria impiannya, Kwon Shi Kyung, seorang Chef selebriti terkenal dan memiliki banyak penggemar wanita.

Judul: Surplus Princess
Revised Romanization: Ingyeongjoo
Hangul: 잉여공주
Director: Baek Seung Ryong
Writer: Park Ran, Kim Ji Soo
Network: tvN
Jumlah Episode: 10
Jadwal Tayang: 7 Agustus 2014 - 9 September 2014
Runtimes: Kamis, 23.00 KST
Bahasa: Korea


Seperti julukannya putri duyung abad 21, setting dari Surplus Princess menggunakan masa sekarang dengan cerita yang dimodifikasi agar lebih modern. Aileen, sang putri duyung yang jatuh cinta dan setiap hari hanya bisa men-stalker sosial media sang pria, suatu hari berkesempatan melihat langsung proses syuting acara masak memasak dengan Kwon Shi Kyung yang berlokasi di pinggir Sungai Han. Insiden kecil tidak terduga menyebabkan Shi Kyung terpeleset dan jatuh ke dalam Sungai. Secepat kilat Aileen berenang mendekati dan berusaha menolong, tapi melihat wajah tampan Shi Kyung, Aileen yang memiliki sifat ekspresif dan cenderung meledak-meledak mencium Shi Kyung di dalam air!! :D

Cast

Jo Bo Ah as Kim Ha Ni
On Jo Woon as Lee Hyun Myung
Song Jae Rim as Kwon Shi Kyung
Park Ji Soo as Yoon Jin A
Ciuman yang berlangsung lama dan dalam itu meninggalkan kenangan yang tidak dapat Shi Kyung lupakan. Meski dalam keadaan setengah sadar, ia masih tetap bisa merasakan bagaimana Aileen menciumnya dan sempat melihat kalung mutiara yang digunakan si duyung. 

Kemunculan seorang staff - Yoo Jin A untuk menyelamatkan Shi Kyung akhirnya membuat Aileen dengan sangat terpaksa menyudahi ciumannya dan menjauh dari Shi Kyung, tapi... seperti memori yang terekam jelas dan tertinggal dalam ingatan Aileen maupun Shi Kyung, ponsel Shi Kyung juga tertinggal pada Aileen.

Ponsel yang hilang atau tertinggal dan usaha Shi Kyung untuk mencarinya - mencari siapa pemilik kenangan yang ada dalam ingatannya, bukan ponselnya, inilah yang kemudian membuat Aileen semakin tergila-gila untuk mendapatkan sepasang kaki manusia. Berbekal informasi dari salah satu saudara duyungnya yang pernah menjelajah dan menjadi manusia, ia pun menemui Ahn Ma Nyeo, penyihir yang dipercaya memiliki ramuan ajaib yang dapat mengubah putri duyung menjadi manusia.

Ahn Ma Nyeo yang sudah mengetahui konsekuensi untuk menjadi manusia dan telah banyak menemui kisah pahit putri duyung yang tidak dibalas cintanya menolak memberikan pertolongan. Akan tetapi, Ailee tetap memaksa dan dengan sedikit mengelabui Ahn Ma Nyeo ia akhirnya mendapatkan ramuan ajaib satu-satunya yang tersisa dan menenggaknya hingga tandas. Detik itu juga, ia memiliki sepasang kaki dan terlempar ke bumi daratan manusia.

Berbekal undangan party yang dimilikinya di ponsel Shi Kyung serta update-an sosial media tentang Shi Kyung yang mencari penyelamat sekaligus orang yang memegang ponselnya, Aileen pun menemui Shi Kyung. Akan tetapi, malangnya, Kwon Shi Kyung tidak mengenalinya bahkan mengusirnya dari pesta. Aileen yang marah dan kecewa kembali menemui Ahn Ma Nyeo dan meminta untuk kembali menjadi putri duyung, akan tetapi Ahn Ma Nyeo tidak bisa. Aileen harus tetap menjadi manusia selama 100 hari dan apabila setelah tenggat waktu itu terlewat dan ia tidak menemukan cinta sejatinya, maka seperti Little Mermaid dalam dongeng, Aileen pun akan menghilang.

Meski menyesal dengan tindakan terburu-burunya, Aileen pun pasrah menjalani kehidupan manusianya sebagai Kim Ha Ni dan tinggal di Rumah Bersama milik Lee Sun Kyu, diceritakan sebagai teman selamanya Ahn Ma Nyeo dan hidup bersama empat orang lainnya yakni Lee Hyun Myung, Big (nama samaran), Do Ji Yong, dan Ahn Hye Young.

Dan misi pencarian cinta sejatinya pun dimulai!

****

Sebagai pencinta Drama Korea saya menyadari bahwa kisah-kisah dalam drama yan diadaptasi dari beberapa kisah dongeng fenomenal yang sudah sering kita dengar, atau yang belum pernah kita dengar sama sekali, ada banyak sekali jumlahnya. Contohnya, seperti Surplus Princess, ide ceritanya berasal dari dongeng yang juga menceritakan tentang pangeran impian atau wanita yang jatuh cinta pada seorang pria yang sayangnya pria itu terlalu sulit untuk digapai.

Dalam drama ini, meski berdasarkan pada kisah menyedihkan putri duyung, Surplus Princess tidak menyajikan kisah percintaan yang menguras air mata dan perasaan. Unsur komedi lebih mendominasi dan cerita tidak hanya berporos pada dua tokoh saja melainkan masing-masing tokoh atau karakter yang terlibat dalam kehidupan Kim Ha Ni juga memiliki cerita tersendiri yang menarik untuk diikuti. Tapi tetap, Surplus Princess adalah darama yang penuh cerita patah hati.

Banyaknya karaker dalam drama ini tidak menyebabkan ceritanya menjadi membosankan atau tumpang tindih. Bagaimana kisah hidup dari masing-masing tokoh berkaitan satu sama lain menurut saya tidak disajikan dengan berantakan. Meski pemain dalam drama ini adalah aktris dan aktor yang tidak terlalu familier bagi saya, namun peran mereka sangatlah bagus, apalagi Kim Ha Ni yang diceritakan sebagai Putri Duyung yang meledak-ledak, ekspresif, dan tidak sabaran, Jo Bo Ah sangatlah bagus dalam memerankannya.

Selain akting yang bagus, drama ini juga didukung oleh perkembangan karakter yang semakin lama semakin matang seiring dengan perkembangan alur cerita yang tidak lagi hanya memfokuskan pada pencarian cinta, tapi juga pada bagaimana membuktikan diri sebagai manusia yang kompeten dan dapat diandalkan.

Secara keseluruhan drama ini cocok untuk menikmati waktu santai kita ditemani snak dan beberapa minuman soda. Satu hal yang sedikit mengganjal adalah terdapatnya adegan yang tidak vulgar namun juga tidak bisa dikatakan sebagai adegan wajar, selain itu imajinasi Kim Ha Ni juga cenderung sedikit liar. Memang sih hal ini adalah suatu bentuk penyesuaian dengan karakter Kim Ha Ni juga statusnya yang bukan manusia melainkan ikan berwajah manusia, tapi Surplus Princess sama sekali bukan kisah cinta remaja, jadi lebih cocok ditonton oleh yang sudah berusia tujuh belas tahun ke atas.

Pesan yang saya tangkap dari drama ini adalah bahwa cinta bukanlah sesuatu yang dalamnya dapat diukur dari apa yang ditangkap mata, bukanlah perasaan yang kesejatiannya dilihat dari seberapa besar pesonanya menjerat dan menenggelamkan kita. Cinta adalah proses yang untuk menemukannya kita perlu mengorbankan beberapa hal dalam hidup Cinta adalah penerimaan, baik secara fisik maupun keadaan keuangan. Cinta bisa datang karena terbiasa, namun jika kita mengelak atau menolak mengakuinya, maka kita tidak akan pernah bisa menikmatinya.

Selain berpesan tentang cinta, drama ini juga berpesan tentang indahnya persahabatan dan kebersamaan. Hidup di Rumah Bersama dengan orang-orang patah hati lainnya telah menagajarkan kebersamaan persahabatan kepada Kim Ha Ni yang tidak akan pernah bisa dibayar dan digantikan dengan mutiara-mutiara yang begitu banyak dimilikinya bahkan dapat diberikan kepada orang lain secara cuma-cuma.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Bookshelf

Elsita's bookshelf: currently-reading

Wonder Fall
tagged: currently-reading

goodreads.com

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Diary Lusuh