Catatan harian yang semakin renta dan tua

Sabtu, 05 Januari 2019

[KDrama] Hospital Ship

Sumber Foto
Judul: Hospital Ship
Genre: Medis
Pembuat: Han Hee
Pengarang: Yoon Sun-ju
Sutradara: Park Jae-bum
Negara: Korea Selatan
Bahasa: Korea
Jumlah Episode: 40
Produser Eksekutif: Kim Hee-yeol
Produser: Jun San
Rumah Produksi: Pan Entertainment
Distributor: MBC
Jaringan Penyiar: MBC
Rilis: 30 Agustus 2017
Pemain:

Ha Ji Won as Song Eun-jae
Sumber Foto

Kang Min-hyuk as Kwak Hyun
Sumber Foto

Lee Seo-won as Kim Jae-gul
Sumber Foto

Kim In Sik as Cha Joon-young
Sumber Foto

Bercerita tentang empat dokter muda yang mengabdikan dirinya di Rumah Sakit Kapal untuk membantu penduduk yang tinggal di daerah kepulauan. 

Song Eun-jae adalah seorang dokter Spesialis Bedah terkenal dan berbakat yang sudah banyak menyelamatkan nyawa pasiennya. Namanya semakin melejit sejak ia berhasil mengoperasi pewaris salah satu perusahaan terbesar di Korea Selatan. Namun, citra baik dirinya harus tercoreng oleh pemecatan yang ia terima dari Rumah Sakit Seoul karena tidak mau menutupi kesalahan dalam operasi yang dilakukan oleh profesor atau pembimbingnya. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk mengabdikan dirinya di Rumah Sakit Kapal, salah satu rumah sakit yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Korea yang tinggal di daerah kepulauan dan jauh dari rumah sakit.

Sementara itu, Kwak Hyun, Kim Jae-Gul dan Cha Joon-young adalah tiga dokter muda yang bersahabat dan sedang menjalani wajib militer. Salah satu tugas dari wajib militer tersebut adalah memberikan pelayanan secara gratis atau pengabdian dan mereka ditempatkan di Rumah Sakit Kapal. Kwak Hyun sebagai dokter Spesialis Penyakit Dalam, Kim Jae-Gul sebagai dokter Spesialis Pengobatan Korea, dan Cha Joon-Young sebagai dokter Spesialis Gigi. Bersama Song Eun-jae dan kru kapal lainnya mereka berkolaborasi memberikan pelayanan kesehetan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Jika dinilai dari ide cerita, ide cerita Hospital Ship ini menarik banget bahkan bisa dibilang inspiratif. Sebuah kapal dengan beberapa dokter, perawat, anestesi, juga radiografer yang dilengkapi fasilitas memadai untuk ukuran rumah sakit kecil yang mengelilingi perairan Korea Selatan demi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya. Ide ini unik dan bisa dicontoh. Indonesia adalah negara kepulauan, rumah sakit kapal sepertinya bisa jadi solusi pelayanan kesehatan untuk daerah-daerah yang jauh dari jangkauan rumah sakit :D

Hal lain yang menarik dalam drama ini adalah kehadiran dokter Spesialis Pengobatan Korea. Sebagaimana yang diketahui bersama, spesialis obat tradisional atau pengobatan tradisional itu di dunia medis dianggap tabu, tidak punya dasar keilmuwan yang pasti. Tapi dalam drama ini, hal itu dimunculkan. Bukan hanya di Korea saja, di Indonesia pun tentu ada pengobatan dengan cara tradisional, cara yang mungkin masih dianggap cara dukun. Saya rasa, lewat drama ini, kita diajak untuk mempertimbangkan dan tidak memandang sebelah mata pengobatan dengan cara tradisional. Karena sejatinya, sebelum ilmu dan dunia media yang kita kenal sekarang ini ditemukan, nenek moyang kita tentulah menggunakan pengobatan tradisional atas penyakitnya.

Di drama ini, Song Eun-jae adalah bintang. Cantik, muda, berbakat di bidang yang ditekuninya. Siapapun pasti terpikat, termasuk dokter-dokter muda maupun senior yang mengenalnya. Jadi, di drama ini, meski lebih banyak adegan membelah perut orang, bekerja dengan pisau bedah, kita juga dimanjakan dengan kisah cinta. Kisah yang manis pahit. Hanya saja, menurut saya, porsi Sp.B-nya kebanyakan. Akan lebih seru kalau porsi SP.PD, Spesialis Pengobatan Korea juga Spesialis Gigi diperbanyak porsinya. Juga, yah endingnya kurang begitu memuaskan. Tapi dramanya worth banget buat ditonton.

1 komentar: