Menu Pelarian Anak Kost (Selain Mie Instant) Kalo Lagi Bokek

Rabu, Juli 11, 2012


Berhubung gue anak kost, jadi hal yag paling suka gue bahas adalah seputar kehidupan anak kost. Kali ini gue akan membahas apa aja kira-kira menu yang jadi pelarian para anak kostan kalo lagi bokek.
Seperti yang kita tahu, mie instant adalah menu yang seolah udah jadi kewajiban buat anak kost. Setidaknya anak kost harus punya persediaan mie instant kurang lebih satu kardus dalam sebulan. Setelah gue teliti mie instant sangat erat hubungannya dengan anak kost bahkan keduanya hampir nggak bisa dipisahkan satu sama lain. Mie instant udah kayak dewa penyelamat hidup anak kost dan menurut gue mie instant adalah dewa paling ikhlas di dunia karena sejauh ini baru mie instant yang bersedia jadi tempat pelarian para insane kost dunia. Kalo gue yang cewek sih biasanya mie instant jadi pilihan saat gue lagi males masak atau karena capek sepulang dari kampus. Tapi menu ini udah umum banget. Dan setelah melalui riset dan penelitian yang cukup memakan waktu yang lama akhirnya gue nemu juga menu lain yang kira-kira bisa ditambahkan dalam daftar menu pelarian anak kost setelah mie instant.


      1. Nasi + Air + Garam
Ini dia yang pertama. Nasi ditambah air lalu dicampur dengan garam secukupnya. Fungsinya:
Air: Supaya kalo udah selesai makan nggak usah minum lagi karena akan beresiko membuat perut jadi kembung. 
 Garam: adalah untuk memberikan sensasi rasa asin dalam setiap kunyahan nasi. Yah biar rasanya nggak hampa-hampa banget.
Nama nih makanan sih gampang banget diinget. Cukup dengan liat nasi, air sama garam kita bisa langsung inget. Makanan ini namanya: Nasi Aer Garam (kalo kata orang Manado). Kalo temen-temen gue sih biasanya nyebut nih makanan dengan julukan Nasi Aer Mata. Kenapa? Karena dari kabar yang beredar sih aer mata itu rasanya asin-asin gimanaaa gitu kayak garam.
Nasi aer garam ini ternyata memiliki dua fungsi utama. Fungsi yang pertama adalah untuk menguragi rasa lapar (sekalipun nggak memberi banyak tenaga kayak menu normal lainnya). Dan fungsi yang kedua adalah untuk mempercepat kiriman orang tua. Temen-temen gue biasanya make nama ni makanan sebagai senjata biar orang tua cepet ngirim. Dan ternyata ampuh. Contohnya kayak kasus di bawah ini:
Nyokap nelpon:
Nyokap: “Assalamualikum”
Temen gue: “Waalaikumsalam”
Nyokap: “Nak lagi ngapain?”
Temen gue: “Lagi baca buku ma”
Nyokap: “Oh… belajar yang rajin ya nak. Udah makan sayang?”
Temen gue: “Udah kok ma”
Nyokap: “Makan apa?”
Temen gue: “Nasi sama aer mata”
Nyokap: “…”
Liat kan! Orang tua mana yang tega kalo tau anak kesayangan dan kebanggaannya yang lagi menuntut ilmu bela-belain jauh dari orang tua makan cuma nasi pake aer mata. Orang tua mana yang nggak tergugah hatinya? Dan keesokan harinya nyokap temen gue nelpon lagi dan nanya kiriman udah sampe ato belum. Ampuh kan?

2. Nasi + Minyak Kelapa + Garam 
Ini adalah pilihan yang kedua setelah nasi aer garam. Kalo bertepatan udah bosen makan nasi pake aer sama garam, makanan di atas bisa sedikit dimodifikasi dengan cara mengganti air dengan minyak kelapa. Ini juga punya fungsi tersendiri. Minyak kelapa berfungsi untuk ngasih kesan kalo saat ini kita lagi makan nasi goreng buatan sendiri. Sedangkan garam, di sini nggak berfungsi untuk memberi kesan rasa air mata tapi untuk menguatkan fungsi yang pertama kalo kita lagi makan nasi goreng bukan nasi diminyakkin.

3. Nasi Kecap
Ini juga bisa masuk dalam menu pelarian kalo menurut gue. Kalo yang nggak bisa makan terlalu banyak garam ato nggak boleh terlalu banyak makan makanan yang mengandung minyak kelapa bisa memilih untuk makan dengan menggunakan kecap. Dan nggak jarang orang yang keliatannya sangat senang dengan makanan yang satu ini. Kalo gue sih jujur nggak suka ya. Nggak tahu kenapa tapi yang gue tahu gue nggak suka.

4. Nasi + Kerupuk
Ini juga bisa masuk daftar menu ya menurut gue. Nasi ditambah kerupuk. Dan jujur gue suka menu ini karena gue adalah orang yang sangat suka makan nasi pake kerupuk sekalipun bisa juga ditambah sama lauk laen. Menurut gue ini nggak terlalu buruk.

5. Nasi + Gula (Merah atau Putih)
Menu yang kelima ini emang kedengarannya agak aneh sih. Masa makan nasi dipake gula. Harusnya kan gula dipake buat bikin kopi ato teh manis. Tapi kok ini malah dicampurin di nasi. Tapi ada lho yang pernah gue liat makan nasi ditambah gula baik itu gula merah ataupun gula putih.

6. Nasi + Kacang Goreng
Ini mungkin kedengarannya lebih aneh lagi dan emang jujur gue juga ngerasa kayak gitu. Nggak ada menu lain apa. Tapi karena gue pernah liat orang makan nasi pake kacang goreng, jadi kayaknya bisa dimasukkin daftar.

7. Nasi + Aer
Ini adalah pilihan yang menurut gue cukup menyedihkan. Kalo bertepatan di kostan nggak ada garam, kerupuk, gula, kacang goreng, minyak kelapa ato kecap, yah mau nggak mau makan nasi + aer doang. Tapi ada juga sih yang gue dapetin sekalipun ada garam di kostannya dia lebih milih makan ni makanan karena dia nggak suka nasinya dicampur sama rasa garam.

8. Nasi Doankk
Ini adalah pilihan yang terakhir, kalo di kostan lagi nggak ada garam, nggak ada minyak kelapa, nggak ada kecap, nggak ada kerupuk, nggak ada gula dan berhubung aer yang ada cuma cukup buat minum doang, yah dengan sangat terpaksa mau nggak mau ambil menu yang terakhir ini. Menurut gue nggak terlalu masalah juga ya soalnya kalo nggak salah gue pernah denger kalo nasi itu memiliki kandungan gula. Jadi rasanya agak-agak manis dikit gitu.

Menu Lainnya:
Yang gue maksud dengan menu lainnya di sini adalah makanan yang bisa dijadikan pelarian kalau-kalau lagi bosen makan makanan yang ada di atas. Makanan ini nggak ada namanya (mungkin). Makanan ini adalah nasi ditambah cabe yang udah diulek. Awalnya gue berpikir untuk masukkin ni makanan dalam deretan menu di atas. Tapi setelah gue pikir-pikir lagi nggak semua orang suka atau bisa makan cabe, jadi makanan ini gue klasifikasikan dalam menu tambahan.
Sejauh ini baru 9 jenis makanan ini yang gue temuin yang bisa dijadiin sebagai makanan pelarian anak kost kalo lagi bokek. Mungkin kapan-kapan akan diperbarui lagi kalo ternyata ada ketambahan menu lain. Da da u bye bye

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Bookshelf

Elsita's bookshelf: currently-reading

Wonder Fall
tagged: currently-reading

goodreads.com

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Diary Lusuh