[KDrama] Goblin - The Lonely and Great God

Jumat, Mei 05, 2017

Judul: Goblin – The Lonely and Great God
Sutradara: Lee Eung Bok
Penulis: Kim Eun Sook
Stasiun TV: tvN
Jumlah Episode: 16
Tanggal Rilis: 2 Desember 2016 – 21 Januari 2017
Bahasa: Korea
Negara: Korea Selatan
Pemain:

Kim Go Eun as Ji Eun Tak

Gong Yoo as Goblin/Kim Shin

Lee Dong Wook as Jeoseong-saja

Yoo In Na as Sunny

Yook Sung Jae as Yoo Deok Hwa

Bercerita tentang seorang Jendral bernama Kim Shin yang diberi kepercayaan oleh sang raja untuk menjaga satu-satunya keturunan kerajaan yang akan tersisa, Wang Yeo. Keluarga kerajaan yang terhormat telah disusupi sosok serakah yang akan meracuni lingkungan kerajaan. Namun, posisinya sebagai jendral yang berwibawa dan dihormati masyarakat ternyata menjadi boomerang bagi dirinya. Dengan hasutan penasihat raja yang munafik dan serakah, Wang Yeo – sang raja muda yang juga adalah adik ipar Kim Shin memerintahakan pembunuhan pada sang jendral beserta prajurit dan pengikutnya. Peristiwa itu pun menewaskan Kim Sun, adik Kim Shin yang sudah diperistri Wang Yeo.

Kematian yang berasal dari fitnah tersebut ternyata menjadi kutukan bagi Kim Shin. Pedang yang diberikan raja padanya lalu ternyata kemudian digunakan untuk menusuk jantungnya sudah terlalu banyak memakan korban. Dan atas izin sang dewa, Kim Shin terlahir kembali sebagai Goblin.

Kim Shin dikutuk menjadi immortal. Tidak ada yang dapat memutus keabadian hidupnya kecuali pengantinnya, yang tidak diketahui dimana rimbanya. Beratus-ratus tahun menunggu, akhirnya penantian panjang itu menemui titik terang. Kim Shin akhirnya bertemu dengan pengantinnya, gadis remaja berusia sembilan belas tahun yang dapat melihat hantu dan hal-hal gaib lainnya. Termasuk jeoseong-saja atau Malaikat Maut. Tapi, ternyata hal selanjutnya tidak berjalan semulus yang dibayangkan.

Ji Eun Tak adalah salah satu orang yang pernah lolos dari kematian. Oleh sebab itu, keberadaannya di bumi dianggap sebagai suatu kesalahan. Jadi, gadis itu sudah berahun-tahun dicari sang malaikat maut untuk dipertemukan dengan takdir awalnya yakni kematian. Eun Tak terus-terusan dikejar kematian. Beruntung, keberadaan Goblin Ahjussi menolongnya. Malaikat maut tidak bisa mendekatinya dan menyakiti apalagi mencabut nyawawaya karena ia adalah pengantin sang goblin.

Waktu berlalu, Eun Tak dan Kim Shin pun semakin dekat. Namun, meski Eun Tak adalah pengantinnya, kehadirannya di bumi semata-mata ditakdirkan untuk membunuh Kim Shin. Jika takdir itu tidak dilaksanakan, maka dialah yang akan terbunuh.

****

Drama komedi romantis yang menyedihkan. Kok bisa komedi tapi sedih? Memang sudah begitu alurnya. Dilihat dari situasi Eun Tak dan Kim Shin sudah bisa dipastikan mereka terlibat hubungan asmara. Kisah cinta mereka lucu, karena disini Eun Tak adalah gadis remaja berusia belasan yang masih manja sementara Kim Shin berperawakan tiga puluhan tapi sudah hidup ratusan tahun. Banyak adu argumen yang terjadi, tapi rata-rata bikin ngakak dan senyum sendiri.

Kehadiran Malaikat maut dan permusuhannya dengan Kim Shin juga bikin komedinya makin berasa. Apalagi saat mereka harus tinggal satu atap gara-gara ulah Yoo Deok Hwa – cucu dari salah satu pengikut Kim Shin yang sudah mengabdi pada sang goblin dari generasi ke generasi. Makin lengkap deh. Pokoknya saya paling suka kalau Kim Shin, malaikat maut, dan Deok Hwa sudah ngumpul bertiga. Dijamin ketawa puas karena kekonyolan tingkah mereka.

Selain kisah cinta Eun Tak dan Kim Shin, kita juga akan disuguhkan kisah cinta yang cukup tragis dan mengedihkan antara Sunny dan Kim Woo Bin. Walau demikian, tetap ada hal lucu juga yang terjadi di antara mereka.

Konsep utama dan ide cerita dalam drama ini memang tidak masuk akal. Apalagi sudah berkaitan dengan malaikat maut dan hal-hal yang berkaitan dengan reinkarnasi. Tapi saya menyadari, makhluk goblin dan hal-hal yang menyertainya sepertinya sudah menjadi cerita legenda atau cerita lama rakyat Korea.

Hingga sekita episode kelima atau enam saya agak mikir ini dramanya hanya akan berputar pada komedi dan status Eun Tak juga keabadian sang goblin? Tapi ternyata setelahnya saya justru dapat kejutan yang lumayan bikin seneng. Ceritanya ternyata lebih kompleks dari sekedar kisah cinta. Ada beberapa pesan tersirat juga yang bisa kita petik dalam drama ini, walau mungkin nggak akan ditemukan jika kita berpatokan pada ide cerita yang nggak masuk akal dan penalaran logika.

Karakter yang ada dalam cerita ini hampir semua saya suka, punya ciri khas masing-masing yang unik dan mengesankan. Tapi, saat udah di atas episode 13 say didera kebosanan. Entah kenapa eksekusi ceritanya terasa kurang pas dan aneh. Yah walau sebenarnya kalau pakai dasar yang amat dipercaya para tokoh dalam drama: hidup ada empat fase, akan terasa masuk akal. Tapi tetap saja, saya nggak sreg sama penyelesaian cerita Kim Shin dan Eun Tak. Masih mending kisah Woo Bin dan Sunny, yah walau nggak masuk akal juga sih.

Soundtrack drama ini menurut saya bagus-bagus dan boleh jadi temen duduk yang enak apalagi kalau sambil baca buku.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Aduhhhhh aq susah move on ikh dari drama ini. Smp sekarang blum tau apa ada drama yg keren slain ini hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah move on sama dramanya atau ddokkaebi ahjussi bun? Wkwkwkw
      Ada yang keren dan rekomen banget. Judulnya Signal 😊

      Hapus
  2. betul.. saya jg didera kebosanan mendekati episode terakhir..
    Semakin ending, ceritanya semakin ga masuk akal menurut saya hehe.. apalagi scene terakhir di endingnya
    Tapi so far cukup menghibur. Saya suka sekali dgn soundtrack dan sinematografinya, indah sekaliiii...
    Untuk ceritanya sih biasa aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pokoknya di atas eps 13 udah aneh.
      Banget. Soundtracknya adem, sinematigrafinya juga menyenangkan mata. Bikin pengen ke Kanada wkwk

      Hapus
  3. Sedikit kecewa soalnya pas abis Eun Tak meninggal kirain bakalan udahan, eh taunya masih panjang. Tapi seru banget, suka sama drama ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Abis episode itu ceritanya jadi berbelit2 dan kepanjangan. Mgkn sengaja kali ya biar nyampe episode 16. Padahal mah maj cuma 14 jg gpp asal greget

      Hapus
  4. Soundtrack nya juaraaa banget siihh <3
    Walaupun endingnya rada meeeh :))
    Aku juga suka nulis review di blog ku, mampir yuk, siapa tau bisa ngegosip kdrama bareng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangettttt
      Bikin meleleh sendiri ostnya.
      Aku cari tombol follow kok ga nemu? 😮

      Hapus

Popular Posts

Bookshelf

Elsita's bookshelf: currently-reading

Wonder Fall
tagged: currently-reading

goodreads.com

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Diary Lusuh