[KDrama] Helaer

Jumat, Mei 12, 2017

Judul: Helaer
Genre: Thriller, Percintaan, Komedi, Drama
Penulis: Song Ji Na
Sutradara: Lee Jung Sub, Kim Jin Woo
Produser Eksekutif: Bae Kyung Soo
Produser: Mo Wan Il, Yoon Jae Hyuk
Rumah Produksi: Kim Jong Hak Productions
Stasiun Televisi: Korean Broadcasting System (KBS)
Negara: Korea Selatan
Bahasa: Korea
Pemain:

Ji Chang Wook as Healer

Park Min Young as Chae Yong Shin


Yoo Ji Tae as Kim Moon Hoo
 
Healer adalah seorang hacker yang bekerja sebagai ‘kurir malam’. Jenis pekerjaan ilegal yang tidak mewajibkan pemberi kerja dan pekerja bertatapan muka, atau bahkan bertukr informasi pribadi. Bersama dengan seorang wanita yang bernama Jo Min Ja, Healer melaksanakan tugas-tugas dari beberapa orang penting di Korea Selatan. Suatu hari, ia ditugaskan untuk mengambil sebuah video penting dari seorang pria bernama Goo Song Cheol. Video yang merekam suatu peristiwa penting itu ternyata juga diincar oleh pemilik perusahaan surat kabar Jae Il. Mereka menugaskan pekerja lainnya yang sejenis dengan Healer – Satuan SS Guard untuk merebut video tersebut. Namun, Healer dengan tangkas dapat menggagalkan usaha perampasan itu dan mengirim Goo Seong Cheol ke Amerika, sesuai permintaannya.

Belum lama setelah tugasnya selesai, ia kembali ditugaskan untuk membantu mencari seorang wanita dengan ciri-ciri yang sudah ditentukan, untuk dilakukan pengujian DNA. Tugas itu sebenarnya sudah sejak lama ia lakukan, namun hingga tiga kali tes, berdasarkan hasil tes DNA, gadis yang dimaksud belum juga ditemukan. Kini, ia harus kembali mencari sang gadis.

Kali ini, hasil pencariannya membuahkan hasil. Sepertinya gadis yang terakhir kali ditemuinya adalah orang yang dicari si pemberi kerja. Tapi, ternyata tugasnya belum selesai. Ia kembali ditugaskan untuk mengawasi si gadis, bahkan melindunginya. Namun, sebuah kabar mengejutkan tiba-tiba saja datang. Go Song Cheol ditemukan tewas di jembatan bawah rel kereta api menuju Busan dengan meninggalkan jejak yang mengarah pada Healer. Sosok misterius yang sudah bertahun-tahun diincar tim detektif cyber dari pihak kepolisian. Tak perlu waktu lama, Healer pun menjadi tersangka utama sebuah kasus pembunuhan.

Chae Yong Shin, seorang reporter majalah online yang begitu mengidolakan Kim Moon Hoo tidak pernah menyangka akan bertemu lelaki misterius yang seperti merampoknya, namun hanya membawa pergi potongan kukunya saja. Hal tersebut membuatnya penasaran setengah mati, apalagi setelah tahu bahwa si laki-laki adalah Healer, sang kurir yang amat terkenal itu. Belum hilang rasa penasarannya, secara tak sengaja ia dipertemukan dengan seorang perempuan putus asa yang hendak bunuh diri. Ternyata, perempuan tersebut adalah artis yang tidak cukup terkenal namun mengaku telah dipekerjakan sebagai PSK oleh manajemen tempatnya bernaung, dan yang harus dilayani adalah pejabat-pejabat penting yang salah satunya adalah calon walikota Seoul mendatang.

Yong Shin yang memang berjiwa reporter dan bercita-cita menjadi reporter yang dicintai masyarakat seperti Kim Moon Hoo pun tergerak hati untuk membantu, hanya saja ia tak punya keberanian. Seorang reporter biasa sepertinya tak akan mampu menghandle kasus ini. Tapi, dorongan dari Chae Chi Soo, sang ayah yang berporfesi sebagai pengacara membuat semangatnya terpompa. Ia akan menguak kebenaran demi keadilan. Kim Eui Chan adalah calon walikota Seoul yang berpotensi besar menjadi presiden, sudah sewajarnya masyarakat tahu bagaimana sifatnya yang sebenarnya.

Setelah dijadikan sebagai tersangka pembunuhan, Healer yang bertekad untuk menguak pelaku yang sebenarnya untuk membersihkan namanya masih tetap menjalankan tugasnya untuk menjaga Chae Yong Shin. Meski sudah dilarang oleh partnernya, ia tetap bertekad. Hal ini semata-mata karena secara tak sengaja ia menemukan fotonya yang diambil secara sembunyi-sembunyi yang ia temukan terpajang di kamar Chae Yong Shin berdampingan dengan reporter Kim Moon Hoo.

Fakta bahwa sang reporter adalah pemberi kerja yang memintanya untuk mendapatkan sampel tes DNA dari Yong Shin, serta bahwa pemilik surat kabar Jae Il, Kim Moon Shik, adalah kakak kandung Kim Moon Hoo mengusiknya. Apa yang sebenarnya sedang terjadi? Bagaimana bisa di saat yang bersamaan ia terlibat kasus pembunuhan yang membuatnya seolah dijebak secara sengaja itu? Menunjukkan wajah dan identitasnya adalah hal yang terlarang. Helaer tidak boleh terlacak siapapun. Tapi kini ia ditugaskan untuk melindungi seorang wanita yang berprofesi sebagai reporter, yang dikuntit kemana pun oleh seorang reporter pula, yang ternyata merupakan adik kandung dari bos salah satu saingannya dalam melaksanakan pekerjaannya sehari-hari.

****
Ini adalah drama lama yang entah kenapa baru tergugah untuk ditonton sekarang. Walau udah ada Ji Chang Wook dan Park Min Young, dua tahun lalu, kayaknya malas gitu untuk nonton. Dan sekarang, setelah benar-benar udah selesai ditonton, saya sama sekali nggak nyesel. Dramanya emang worth it buat menemani waktu luang, sejam durasi per episode sama sekali nggak berasa lama. Malah berasa cepet, bener-bener menunjukkan kalau saya sangat menikmati ceritanya.

Awal-awal, kita memang akan disuguhi teka-teki, dan hal itulah yang bikin makin nagih untuk nonton dan nonton lagi. Profesi yang berkaitan dengan hacker pun jadi tambahan tersendiri. Plotnya unik dan konfliknya tidak biasa. Setiap episode saya selalu diberi kejutan-kejutan tak terduga. Belum lagi profesi tokoh wanitanya yang bergelut dengan dunia penulisan dan publikasi. Jadi makin suka deh. Jujur aja, saya doyan nulis dan buat saya pribadi, profesi sebagai wartawan atau reporter adalah profesi yang sangat saya suka untuk digunakan terhadap tokoh utama cerita-cerita saya. Kesahariannya sama, meliput dan menulis tapi selalu menuai kejutan tak terduga. Selalu ada rasa yang berbeda setiap harinya, tantangan yang berbeda setiap saatnya.

Konflik dalam drama ini sebenarnya complicated, drama banget emang, hanya saja peran reporter yang dikhususkan untuk menyuarakan kebenaran menjadi poin paling positifnya. Sebagaimana yang kita tahu, pers, media, liputan dan hal-hal berbau artikel berita udah bukan hal baru lagi sejak diberlakukannya kebebasan pers. Namun, dalam drama ini, pers yang seharusnya bebas dan independen, menyuarakan hak-hak dan dekat dengan rakyat sudah melenceng dari kemurnian fungsi dan keberadaan mereka. Campur tangan politik kekuasaan yang digambarkan dalam drama ini nyentil banget. Buat saya pribadi yang mungkin masih takut bersuara walau sesuatu itu benar, buat pers yang mungkin ditekan saat menyuarakan sesuatu yang benar, atau bahkan oknum-oknum yang berusaha menutupi kebenaran dengan menggunakan pengaruh uang dan kekuasaan.

Kisah cinta Chae Yong Shin dan Park Bong Soo juga manis banget. Berjalan seperti air yang mengalir, walau penuh dengan cerita rahasia. Tapi itu yang bikin saya makin gregetan nontonnya. Soundtracksnya juga juara banget. Suka banget sama Eternal Love-nya MLTR dan You-nya Ben, pas dalam setiap momen yang ada. Oh ya ada satu hal lagi yang saya suka banget, yakni kedai kopi milik ayah Yong Shin serta kantor redaksi Someday. Keduanya bertolak belakang sebenarnya. Kedai kopinya dominan warna gelap, sementara kantor redaksinya dominan warna putih. Tapi sumpah cakep banget. Kulkasnya yang bermotif bendera Inggris juga juara, pengin nyari beneran yang jual dimana wkwk. Yah walau untuk adegan actionnya kelihatan banget kalau pakai stuntman.

Untuk eksekusi memang terasa agak cepat, gimana gitu dan kurang sreg sih. Tapi lumayanlah, nggak sad ending. Jadi nggak bikin mutung banget. 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Bookshelf

Elsita's bookshelf: currently-reading

Wonder Fall
tagged: currently-reading

goodreads.com

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Diary Lusuh