[Review] - Signal #KDrama

Kamis, Juni 09, 2016

Selamat menunaikan ibadah puasa semuanyaaa...
Setelah kemarin membuat gebrakan *duileh dengan menulis review buku, kali ini saya juga kembali dirasuki hantu yang suka mengabadikan hobi dalam tulisan. Saya ingin mempersembahkan salah satu Drama Korea (tontonan favorit) yang benar-benar keren, judulnya Signal.


 Drama: Signal
Revised romanization: Sigeuneol
Bahasa Korea: 시그널
Sutradara: Kim Won-Suk
Pemain Utama: Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, Jo Jin Woong
Jumlah Episode: 16
Jaringan Broadcast: tvN
Periode Tayang: 22 Januari – 12 Maret 2016
Tayang Setiap Hari Jumat dan Sabtu Pukul 20:30 (KST)

Pemeran Utama
Lee Je Hoon sebagai Park Hae Young
Kim Hye Soo sebagai Cha Soo Hyun
Jo Jin Woong sebagai Lee Jae Han

Menggambarkan tentang kisah detektif sekarang dan detektif masa lalu yang berkomunikasi melalui walkie-talkie untuk memecahkan kasus lama yang belum terpecahkan.


Berawal dari Park Hae Yong yang tiba-tiba saja mendapat transmisi radio aneh, mengabarkan penemuan mayat di belakang Rumah Sakit Jiwa oleh Lee Jae Han, kasus-kasus yang tak terselesaikan atau diselesaikan tidak dengan cara yang semestinya pun kembali dibuka. Kasus-kasus itu dinamai Kasus Dingin. Peristiwa-peristiwa kriminal di masa silam yang telah lama ditutup. Kasus penculikan, perampokan, pembunuh berantai, pemerkosaan hingga pada kasus yang melibatkan pejabat tinggi Negara pun terkuak, muncul kembali ke permukaan dengan fakta-fakta lama yang dulunya ditutupi atau bahkan dimusnahkan demi kepentingan pribadi.

Jika dibaca dari sinopsisnya, drama ini adalah drama yang sedikit banyak sulit diterima oleh logika. Komunikasi detektif masa lalu dan masa sekarang menggunakan walkie talkie. Benar-benar tidak masuk akal. Tapi, Signal adalah salah satu drama misteri terkeren yang pernah saya tonton. Cerita bergenre misteri  yang berkembang dengan sangat baik, tidak monoton atau pun membosankan.

Episode pertama, kita akan disuguhkan dengan kasus krimial yang sudah lumrah dan sering kita temui di maa-mana. Kasus penculikan anak. Sekilas, kasusnya hanya seperti kasus biasa. Penculik yang meminta tebusan agar keselamatan sang anak dapat terjamin. Tapi, Signal memberikan kejutan tentang bagaimana kebutuhan akan uang dapat membuat seseorang berbuat kejam dan menakutkan. Disinilah saya sebagai penonton menemukan sisi menarik dalam drama ini. Ending-nya juga keren, bikin pengen langsung lanjut ke episode dua.

Di episode kedua, semangat saya untuk menonton turun. Awalnya, sempat ada rasa sedikit kecewa, membayangkan bahwa penculik yang sebenarnya tidak akan bisa ditangkap dikarenakan peraturan yang telah lama ditetapkan dan dijadikan acuan oleh pemerintah, tapi ternyata tidak. Ada kejutan tidak terduga yang entah luput dari perhatian saya atau memang disimpan sebagai senjata pamungkas yang membuat rasa kecewa itu seketika terbayar oleh perasaan lega tidak terkira. 

Baru dua episode emosi saya sudah dibuat jungkir balik. Point plus banget, berhasil mengajak perasaan penonton untuk ikut tergabung di dalamnya.

Perkembangan kasus-kasus selanjutnya pun nggak kalah keren. Kasus pertama yang sudah berhasil memukau saya hanyalah bagian kecil Kasus Dingin yang coba untuk kembali diungkap kebenarannya. Sejak awal, saya sudah menduga ujung dari drama ini akan kemana tapi di episode 6-7 kita kembali disuguhkan kejutan besar yang merupakan inti atau penyebab bagaimana bisa peristiwa-peristiwa kejahatan penting yang seharusnya mendapat penyelesaian yang adil, di masa lalu tidak dapat dipecahkan dengan sempurna bahkan berantakan.

Memasuki episode belasan, beberapa hal kecil yang sebenarya besar terkait menumpuknya Kasus Dingin sedikit  demi sedikit sudah mulai terungkap dan ini menjadi bagian yang paling seru. Cerita tidak lagi hanya usaha untuk 'mengungkap' tapi juga semakin berkembang menjadi pengungkapan dan kompetisi untuk memenangkan kebenaran.

Drama ini recommended banget. Meski bergenre misteri, selipan komedi untuk mencaarikan suasana dan kisah cinta untuk mempermanis cerita tidak dilupakan, yang kesemuanya sama sekali tidak mengganggu inti cerita yang sebenarnya. Dan, selain diajak berteka-teki menggunakan logika dan emosi, kita juga diberi kesempatan untuk meresapi berbagai macam hal dalam hidup. Ada banyak sekali pesan-pesan tersirat yang dibawa. Tentag arti kejujuran, keluarga, sahabat, cinta, kasih sayang, bagaimana memaknai kebersamaan, waktu hidup yang hanya sebentar....

I rate 5/5 for this drama :D


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Bookshelf

Elsita's bookshelf: currently-reading

Wonder Fall
tagged: currently-reading

goodreads.com

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Diary Lusuh