[K-Drama] The Legend of The Blue Sea

Selasa, Maret 14, 2017

Judul: The Legend of The Blue Sea
Sutradara: Jin Hyeok
Penulis Skenario: Park Ji Eun
Channel: SBS
Jumlah Episode: 20
Tanggal Rilis: 16 November 2016-19 Januari 2017

Daftar Pemain:

Lee Min Ho as Heo Joon Jae
Jun Ji Hyun as Shim Chung
Lee Hee Joon as Joo Nam Doo

Shin Hye Sun as Cha Shi Ah
Serial ini terinspirasi oleh legenda Jeoseon klasik tentang seorang nelayan yang menangkap dan melepaskan putri duyung. Drama ini menceritakan kisah cinta antara anak seorang keluarga bangsawan di era Jeoseon dan sosok putri duyung.

Bagaimana bisa putri duyung dari masa Jeoseon bertahan di zaman modern di kote Seoul? Shim Chung adalah putri duyung yang menyadari bahwa dirinya telah dipindahkan ke zaman modern. Dia ditangkap oleh Heo Joon Jae, seorang pria tampan namun dingin yang juga putra seorang bangsawan dari dinasti Jeoseon.

Tapi di saat ini, Joon Jae bekerja dengan Joo Nam Doo, seorang penipu ulung yang mengajari Joon Jae jadi penipu jenius. Namun teman Joon Jae, Cha Shi Ah, yang bekerja sebagai peneliti di KAIST, mungkin merupakan satu-satunya harapan agar Shim Chung bisa bertahan hidup di dunia barunya.

Sumber

Merupakan drama yang digubah lewat dongeng yang amat terkenal, Fairy Tale. Bercerita tentang putri duyung yang mengejar cintanya pada pria manusia, yang membuatnya nekad memperoleh sepasang kaki, naik ke daratan lalu mengejar si pria tanpa tahu 'bencana' apa yang sudah menantinya di daratan. Ancaman menjadi buih jika si pria tidak membalas cintanya, dan seperti pada kisah si putri duyung yang malang, ancaman ini pun terlambat diketahui Shim Cheong, sang putri duyung. Ia tetap berusaha mengejar cinta Heo Joon Jae yang bahkan memiliki setitik perasaan padanya pun hampir tidak ada. Dengan bumbu cerita klasik zaman Jeoseon, kisah putri duyung disini pun jadi sedikit lebih rumit.

Namun, walau mengusung ide cerita yang sudah mainstream, plotnya sama sekali jauh dari kata tersebut. Kalau dideskripsikan dalam satu kata, maka buat saya The Legend Of The Blue Sea terlihat amat cantik. Cantik oleh keapikan alur, tokoh, karakter dan juga konflik yang ada. Diselingi dengan adegan historical romance membuat dramanya juga makin unik.

Pengulangan konflik di masa lalu, ide cerita reinkarnasi-nya memang terbilang sudah umum ditemukan pada drama-drama Korea lainnya. Hanya saja, untuk penempatan tokoh dan konflik yang ada, dalam drama ini buat saya adalah yang paling bagus yang pernah saya tonton. Walau jujur di awal-awal saya merasa bahwa Lee Min Hoo terasa kurang total aktingnya, begitu pun dengan Jun Ji Hyun. Tapi saat pertengahan, pendapat itu tertutupi oleh betapa saya menikmati cerita yang terbangun dalam drama ini, Penokohannya juga amat saya sukai.

Gebarakan demi gebrakan baru bisa memberikan kejutan menjelang akhir episode tapi justru hal tersebutlah yang membuat saya bertahan dan berusaha keras menamatkan drama ini walau jaringan internet kurang memadai. Bisa dibilang, saya sangat-sangat terlambat menamatkan drama ini tapi sama sekali nggak menyesal. Euforia atas kejutan dalam cerita yang diberikan mugkin jadi sedikit bekurang, tapi kepuasan karena sudah menontonnya justru bertambah. Suka bangetlah sama dramanya.

Adegan komedi yang ada juga sangat menghibur, walau ada teman saya yang bilang bahwa karkater yang dipernakan Jun Ji Hyun disini agak rada-rada, tapi darinya kita belajar bahwa kecantikan tidak hanya terbentuk dari fisik dan kecerdasan tapi juga dari ketulusan hati dalam mencintai,

Sejak awal hingg menjelang akhir cerita, kita akan disuguhkan oleh adegan dan sifat yang terkesan berulang tapi tidak membosankan. Justru semakin lama semakin menarik. Lewat drama ini, kita belajar arti mencintai dengan tulus, menyayangi sahabat sepenuh hati, mengutamakan keluarga lebih dari apapun dengan dilandasi kejujuran, juga nasihat tersirat bahwa zaman dan masa boleh saja berubah tapi keserakahan tetap akan menemukan jalannya jika kita tidak senantiasa membentengi diri dengan rasa syukur.

You Might Also Like

7 komentar

  1. Saya suka juga TLOBS. Cuma kok saya agak kurang sreg Jun Ji Hyun dipasang ama Lee Min Ho. Ketuaan menurut saya. hehe

    Salam kenal dari follower ke #17. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahaha emang Jun Ji Hyun ssma Lee Min Hoo berasa noona sama dongsaeng. Tapi dramanya bagus
      salam kenal juga :) terima kasih sudah follow hehe

      Hapus
  2. Aiih...learning pointnya dapet banget.

    Aku juga tipikal orang yang terlambat keren pas nonton Drama.
    Pokonya semau-mau aku aja gittu...pingin nonton apa.

    Hiihii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasiiih. Aku pun begitu. Bahkan ada beberapa drana jadul yg baru mulai ditonton skrg :')

      Hapus
  3. Ngak sabar pengin nonton drakor ini. Saya pun termasuk yang nggak menonton langsung drama Korea, hanya ketika sudah benar-benar ingin nonton barulah kumpulin semua episodenya. :) terimakasih untuk review nya.

    BalasHapus

Popular Posts

Bookshelf

Elsita's bookshelf: currently-reading

Wonder Fall
tagged: currently-reading

goodreads.com

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Diary Lusuh