Catatan harian yang semakin renta dan tua

Minggu, 16 April 2017

[Book Review] The Journey of Song Triplets By Shandy Claws

Judul Buku: The Journey of Song Triplets
Penulis: Shandy Claws
Penerbit: Haru Media, an imprint of Penerbit Haru
Ilustrasi, Layout dan Cover: Shandy Claws
Proofreader: Mery Riansyah
Cetakan Pertama: 2016
Tebal Buku: 172 halaman; 21x21 cm
ISBN: 978-602-7742-88-8
Rating: 4/5

The Journey of Song Triplets
DaeHan MinGuk Manse
And their Dad, Song Il Kook

Although they are triplets, but their faces, acts, & personalities are different from each other. The only thing that they have in common is BIG APPETITE!!! They spend a day without their Mom and taken care by Dad’s super hands. Full of their mivhiveous acts, the triplets give Song Il Kook a tough but happy time.

Ini adalah komik yang menceritakan kembar tiga DaeHan, MinGuk dan ManSe di satu hari saat sang Ibu tidak ada dan mendampingi. Diasuh oleh Ayah yang amat pengertian dan hampir bisa dikatakan sempurna dalam mengurus anak. Bukunya lucu dengan tingkah ketiga anak laki-laki yang kadang bandel dan menggemaskan.

Meski ditulis dalam Bahasa Inggris, buku ini termasuk tidak sulit dipahami. Buat yang punya kemampuan Bahasa Inggris pasif (seperti saya) bisa menikmati sajian ceritanya secara penuh, bahkan tergolong amat menikmati. Walau demikian, menurut saya pribadi, buku ini agar boros kertas dan halaman karena pada bagian galeri foto ada gambar berulang. Setelah digambar tanpa warna, lalu disusul dengan warna. Buat saya walau cuma ditampilkan yang berwarna, buku ini tetap udah lucu kok.

Kisahnya nggak rumit tapi mungkin karena suka banget sama mereka bertiga ini, saya jadi penasarn buat baca K-Toon lainnya yang diadaptasi dari salah satu tayangan yang cukup terkenal di Korea Selatan; The Return of Superman. Oh iya hard cover-nya juga bagus banget dan dijamin bukunya nggak gampang rusak.

Saya sangat mengapresiasi karya ini karena menurut saya pribadi, ini adalah suatu bukti bahwa nge-fans terhadap sesuatu nggak selamanya berefek negatif. Nggak ada yang bilang sih tapi beberapa fakta yang saya temui, banyak banget orang nge-fans terutama sama Oppa Oppa Korea atau tayangan anime jadinya malah bersikap terlalu chuunibyou dan nggak wajar. K-Toon ini adalah suatu bukti bahwa mengidolakan sesuatu bisa juga membuat kita berkarya.

Ada juag satu kekurangan dalam buku ini yakni di halaman belakang terdapat beberapa lagu anak Korea yang mungkin terkenal, tapi dari semuanya hanya satu yang bisa saya nyanyikan. Yakni yang berjudul 3 Bears.

마리
Gom se mari ga
집에 있어
Han jibe isseo
이빠 , 엄마 , 애기
Appa gom, eomma gom, aegi gom
아빠 곰은 뚱뚱해
Appa geomeun ddoongddoonghae
엄마 곰은 날씬해
Eomma gomeun nalsshinhae
애기 곰은 너무 귀여워
Aegi gomeun neomu gwiyeowo
으쓱 으쓱 한다
Eusseuk eusseuk jal handa

Lagu ini sudah muncul di banyak drama Korea dan menurut saya asyik. Akan lebih bagus lagi kalau bukunya punya bonus CD untuk lagu-lagunya atau disertai kode QR LINE untuk download.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar