[KDrama] W - Two World

Senin, November 21, 2016

Judul: W
Judul Lain:더블유
Jadwal Tayang: 20 Juli 2016 s/d 8 September 2016
Waktu: Rabu-Kamis, Pukul 22 (KST)
Genre: Drama, Romance, Comedy
Jumlah Episode: 16
Stasiun TV: MBC
Sutradara: Jung Dae Yoon
Penulis Naskah: Song Jae Jung
Bahasa: Korea
Negara: Korea Selatan
Pemain:

Lee Jeong Sook as Kang Chul

Han Hyo Joo as Oh Yeon Joo

Jeong Eu Gene as Yeon So Hee

Lee Tae Hwan as Seo Do Yoon

SINOPSIS

Oh Yeon Joo adalah seorang dokter bedah yang Ayahnya adalah penulis buku komikterkenal. Suatu hari, ayahnya menghilang dan ia bergegas ke studio untuk mencarinya. Namun, sesampainya disana, alih-alih menemukan Ayahnya Yeon Joo justru menemukan pria aneh bermandikan darah. Dia diculik oleh pria tersebut dan dibawa ke dimensi yang berbeda dengan dunianya.

ULASAN 


Sudah jadi rahasia umum bahwa Korea Selatan adalah salah satu negara yang produk-produknya sangat digilai masyarakat Indonesia. Jika Jepang menang oleh manga dan animenya, maka Korea Selatan seperti sudah menjadi pelopor drama di Indonesia. Drama Korea yang hadir dengan variasi cerita unik dan tak biasa adalah hal yang menurut saya pribadi membuat penonton Indonesia betah memandangi wajah-wajah tampan dan cantik para aktor dan aktrisnya. Yah fisik yang menarik memang menjual di dunia hiburan tapi kalau sudah urusan dengan seni peran, cerita dan akting yang memuaskan juga bisa menjadi patokan.

Seperti para fangirl di luar sana, saya juga adalah salah satu wanita yang menggemari Lee Jeong Sook. Kemunculannya dalam serial drama I Can Hear Your Voice dan Doctor Stranger sudah berhasil memukau saya. Alhasil begitu tahu kalau do'i punya drama baru, seperti orang kesurupan saya langsung mengunjungi beberapa web penyedia jasa download agar bisa menikmati perannya dalam drama W-Two World ini.

Dari segi ide cerita, drama ini memberikan wajah yang unik. Meski sekilas mengingatkan saya pada salah satu drama jebolan tVN berjudul Signal yang memberikan cerita perjalanan lintas waktu, drama W-Two Wolrld menyajikan cerita perjalanan lintas dimensi.

Diceritakan bahwa seseorang bernama Kang Chul, anak berbakat yang berhasil memberikan medali dan mengharumkan Korea Selatan dalam atlet tembak suatu hari didera musibah dan skandal yang secara cepat menurunkan derajatnya hingga ke titik terendah. Ayah, Ibu beserta dua Adiknya ditemukan tewas di kediaman keluarga mereka oleh pistol yang pelurunya menembus kepala anggota keluarga Kang Chul. Beruntung bernasib baik, saat itu Kang Chul sedang tidak ada di rumah sehingga ia juga tidak menjadi korban keganasan pistol yang setelah diusut adalah salah satu pistol yang digunakan saat olimpiade tembak (saya nggak tahu namanya apa haha) berlangsung dan memberikan kemenagan bagi Kang Chul. Oleh karena sidik jari miliknya, Kang Chul dituduh sebagai tersangka utama kasus ini. Namun, setelah tujuh tahun berlalu dan kematian keluarga Kang itu tidak dapat dibuktikan dilakukan oleh anak tertua mereka sendiri, Kang Chul bebas dan kembali hadir dengan kesuksesan yang tidak disangka-sangka. Ia membeli sebuah statsiun TV dan memberi nama W atau Double You yang berarti Who and Why. Tujuanya satu: mencari tahu pembunuh sebenarnya keluarga Kang Chul. Namun sayang, bertahun-tahun berlalu, mereka justru memecahkan kasus yang tak ada kaitannya dengan pembunuhan keluarganya.

Di sisi lain, Oh Yeon Jeo seorang dokter residen bedah jantung di salah satu Rumah Sakit di Korea Selatan dikabarkan oleh menghilangnya sang Ayah. Juru gambar Oh Seong Moo menghubunginya dan mengabarkan bahwa laki-laki paruh baya itu tida-tiba raib dari ruang gambarnya. Oh Seong Moo adalah seorang mangaka atau penulis Webtoon yang berkat ide cemerlangnya berhasil meraih kesuskesan sebagai salah satu penulis yang banyak digemari. Siapa yang menyangka bahwa menghilangnya Sang Ayah justru menggiring Oh Yeon Joo pada kasus pembunuhan di dunia yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya, Webtoon. Oh Yeon Joo terseret ke dunia dimana Kang Chul berada.

Jujur saja, saya tidak berkepektasi bahwa di episode pertama akan diberikan kejutan yang menegangkan. Terseretnya Oh Yeon Joo ke dunia fiksi adalah hal yang mustahil dan tidak terpikirkan sebelumnya. Beberapa cuplikan tentag W yang saya temukan di Instagram juga hanya menampilkan adegan romantis, tapi ternyata pada dasarnya drama ini lebih mengedepankan genre thriller yang terdapat dalam cerita Kang Chul. Kehadiran Oh Yeon Joo disana secara perlahan telah merusak dan mengganggu alu cerita (menurut para pembaca dalam drama) namun menurut saya sebagai penonton adalah hal yang seru untuk dinikmati. Ide agar bagaimana Oh Yeon Joo bisa kembali ke dunia nyata, duia sebagaimana dirinya berada juga menarik. Menggunakan trik kepenulisan untuk cerita bersambung; mengedepankan perubahan perasaan pada tokoh utama dan membuat pembaca gemas karenanya.

Awal-awal episode, kata bersambung hampir selalu diakhiri oleh interaksi dan tindakan mengejutkan dari Oh Yeon Joo yang memang benar-benar ingin kembali ke dunia nyata, namun secara perlahan namun pasti hal itu berubah sesuai porsi dan kebutuhan cerita. Tokoh dalam webton yang ternyata sama hidupnya dengan manusia membuat tindakan tak terduga, menuntut kehidupan yang bahagia atas kenyataan pahit hidup dan pertanyaan yang tak terjawab. Pertanyaan tentang apa yang sebenarnya menimpa mereka disebabkan oleh writer block yang dialami sang mangaka. Menurut saya pribadi apa yang terjadi pada tokoh dalam W semata-mata disebabkan oleh Oh Seong Moo yang tidak lagi bisa menuliskan cerita yang realistis untuk menjawab kehidupa para tokoh buatannya sehingga mereka memutuskan untuk mencari tahu sendiri. W jadi tak terkendali dan ceritanya berjalan tidak lagi sesuai dengan yang sang mangaka inginkan.

Pada beberapa episode saya sempat dibuat jengkel oleh adegan-adegan yang menyebalkan dan membuat saya kurang merasa puas, wajar saja saya mungkin menginginkan cerita dalam drama ini berjalan sesuai keinginan saya tapi tidak bisa. Kalau kata orang mau cari romance dan media baper-baperan ya nonton drama Korea aja. Karena disuguhi kisah romansa Kang Chul dan Oh Yeon Joo, saya jadi ketagihan untuk terus menikmatinya. Tidak peduli itu membuat ide cerita bergeser dan berjalan tidak pada outline-nya. Namun, di akhir cerita seperti para pembaca webtoon yang paham bahwa itu adalah akhir yang paling realistis dari semua opsi yang ada, saya juga merasakan bahwa apa yang dialami para tokoh dalam drama adalah jalan realistis dari cerita yang sama sekali tidak realistis ☺☀☀

Diselingi petualangan yang menegangkan W juga menghadirkan kisah cinta yang manis dan membaperkan (?)

You Might Also Like

2 komentar

  1. menurutku W adalah salah satu best drama tahun ini karena konsep dan alur ceritanya yang fresh dan anti mainstream.

    chemistry jongsuk sama han hyo jo juga gak mengecewakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep! Bener banget. Menurutku belakangan drama korea kayak dikuasai ide dan cerita tentang dokter yang berbakat atau hal2 seputar itu. Meski keren ceritanya, kelihatan banget kayak ikut2an pengen meraup penonton dengan pake ide cerita yang sama.
      Yah Jongsuk emang selalu keren kalo akting hihi, lihat Han Hyo Joo aku sumpah inget muka Song Hye Kyo. Mirip soalnya :))

      Hapus

Popular Posts

Bookshelf

Elsita's bookshelf: currently-reading

Wonder Fall
tagged: currently-reading

goodreads.com

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Diary Lusuh